Another Source

a

Pages

Saturday, December 14, 2013

Day 10: Travelling Around The World

Lanjut lagi nih sama Tantangan 30 Hari Ngeblognya..

Kalau saya ditanya tentang tempat yang mau dikunjungin atau ditinggalin, jawabannya... BANYAK!

Wednesday, December 11, 2013

Day 9 : Good Words, Burn Me Up

Akhirnya saya kembali lagi bisa mengunjungi blog yang sudah ditinggal beberapa hari ini. Iya, sejak post terakhir tentang surat cinta itu, saya emang lagi sibuk-sibuknya. Maklumlah mahasiswa, mau UAS malah banyak tugas. Alhasil nyampe kosan capek dan langsung istirahat.

Oke, karena dari awal saya udah komitmen mau ikut tantangan ini, mau gak mau harus semangat dong ngelanjutinnya..!!

Kali ini tantangannya tentang kata-kata atau kutipan favorite.

Saturday, November 30, 2013

Day 8 : Dear Kamu

Baru sempet nulis lagi nih. Maklumin ya guys, akhir-akhir ini lagi banyak tugas .
Akhirnya di malam minggu ini bisa nyempetin juga buat nulis hari ke 8. Ah! Kebetulan pas banget, saya suka suka suka suka sama angka 8, dan ini tantangannya tentang surat cinta buat seseorang di hidup kita. Hm.... awalnya saya mau buat surat cinta untuk adik saya, tapi karena suatu alasan mungkin lebih seru kalau buat "dia" deh.

Friday, November 22, 2013

Day 7 : Andai Saya Jadi Detektif

Akhirnya, sampai juga di hari ke 7 dimana topiknya itu interaktif dan dipilih oleh pembaca. Setelah sempat bingung karena hasil vote sama untuk pilihan detektif dan astronot, untungnya malam ini saya lihat hasil votenya berubah sedikit. Yaa.. walaupun perbedaannya tipis hehe.


Wednesday, November 20, 2013

Day 6 : Antara Tuhan, Kematian, dan Telor

Gak kerasa yah udah sampe hari ke 6 saya nulis, and well.. so far masih tetap semangat dan semoga bisa terus konsisten nulis. aamiin

Hari ke 6 ini temanya tentang hal-hal yang ditakuti. Mau tau? Yuk lanjut baca.

Monday, November 18, 2013

Day 5 : This is Cirebon

Langsung aja, semoga foto ini bisa mewakili daerah tempat tinggal saya ya. Yeah! This is Cirebon!

Sunday, November 17, 2013

Day 4 : Karakter Kesukaan


Nah! Ini nih.. Gambar diatas kayaknya cocok banget sama saya. Jujur aja, kayak yang udah pernah saya bilang sebelumnya, saya itu suka bingung kalau ditanya hobi, makanan kesukaan, film kesukaan, artis dan aktor kesukaan, atau apapun tentang hal favorite gitu.

Friday, November 15, 2013

Day 3 : Acak Lagu

Tantangan kali ini tentang nge-shuffle playlist dan nulis 10 lagi pertama. Oke, saya milih shuffle lagu di playlist hp. Suasana di luar hujan gerimis. Semoga lagu yang keluar bukan lagu galau ya. hahaha .

Tuesday, November 12, 2013

Day 2 : Hobi

Ngomongin soal hobi, sebenernya saya gak punya hobi yang spesifik sih. Gak unik ataupun antimainstream. Kadang kalau ada yang nanya "hobi kamu apa bil?", saya suka bingung jawabnya. Yaaa soalnya setiap rutinitas saya jadikan hobi, misalnya bernapas. Yakali -___-"

Monday, November 11, 2013

Day 1 : Salam Kenal Semuanya!


Kali ini saya lagi ikutan “Tantangan Ngeblog 30 Hari”dari kak kevin nih.
Bisa dicek disini http://claude-c-kenni.blogspot.com/2013/11/emotional-flutter-30-days-blogging.html

Sebelumnya saya juga pernah pengen ikutan event kayak ginian, tapi kemarin-kemarin masih belum punya nyali. . Sekarang, bolehlah saya memberanikan diri buat nyobain. Setidaknya nyoba dulu.

Cerpen: Rindu Dibalik Pintu

Sunday, November 10, 2013

10 Teknik Mengelola Kelas Menurut Caroline Linse


Akhirnya setelah sekian lama gak nulis lagi, kali ini ini saya bisa menyempatkan waktu, ide, dan niat untuk kumpul bersama. Sebenernya sih Oktober kemarin saya kira akan ada suatu trigger yang buat saya aktif ngeblog lagi. Eh tapi ternyata tidak sesuai perkiraan. "sesuatu" tersebut malah bikin saya males nulis sampai saya bilang "I can't write". Tapi syukurlah, sekarang semuanya sudah balik seperti semula ko.

Oke, kali ini saya mau nulis yang berkaitan dengan pendidikan, yaitu technique for clasroom control by Caroline Linse. sebenernya saya dapet materi ini dari salah satu mata kuliah yang saya ambil. Mrs. Winti (dosen saya) memang sangat charming dan selalu datang ke kelas dengan semua pengetahuan baru bagi saya. Jadi gak heran kalau setiap mata kuliah beliau, saya selalu semangat perhatiin setiap materinya. Beberapa minggu yang lalau beliau memberi  tentang classroom control. Saya pikir ini keren banget! Handout ini berasal dari jurnal www.etprofesional.com . Nah sekarang saya pengen buat intisarinya nih, soalnya berguna banget buat calon guru dan guru di Indonesia. Check it out!

Saturday, October 5, 2013

Supermarket Calon Suami

Kemarin sempat ngobrol dengan Gita, dan entah kenapa nyambung ke masalah nikah. Saya jadi inget cerita tentang Supermarket Calon Suami yang pernah saya denger dari seseorang. Ceritanya...

Pengalaman jadi "Panitia Merah"

*tarik napas panjang-panjang* Halooooo semuanya.... Maaf baru bisa ngepost di Tabula Rasa lagi (ini permintaan maaf udah basi banget). Soalnya emang niat, ide, sama waktunya gak kumpul bareng. Pas ada si ide dan si niat, eh si waktu malah gak ada. Pas ada waktu, si ide ngilang dan si niat malah kabur. Maaf ya

Karena udah banyak yang nanyain "bil, kapan nulis lagi?", alhasil akhirnya saya memberanikan diri juga untuk memaksa si ide, niat, dan waktu buat ngumpul bareng. Yaaa walaupun setengah dari tulisan ini sempet semedi di draft tulisan untuk beberapa hari, tapi akhirnya saya bisa ngelanjutin juga hari ini!!

Kebetulan di komunitas blogger kampus saya ada tema bulanan yang "harusnya" dipost di blog. Tema bulan kemarin tentang maba dan kepanitiaan. Sekali lagi saya harus bilang MAAF karena gak buat tulisan. Alasannya klasik sih, sibuk, dan 3 sekawan itu (ide, niat, waktu) gak ngumpul.
Jadi sekarang saya mau nulis untuk bayar hutang tulisan di bulan kemarin.

Monday, August 5, 2013

Bibit Pohon Mahoni yang Mati Suri


April kemarin dalam rangka Hari Bumi, kampus saya menyelenggarakan seminar nasional Lingkungan Hidup. Acaranya menarik dan bermanfaat banget. Resume seminarnya bisa dilihat disini, disini, dan disini . Serunya, selesai acara panitia membagikan 300 bibit pohon mahoni untuk para peserta seminar. Tapi itu terserah kita juga, mau diambil atau gak. Dengan semangat saya langsung ngambil satu buah bibit pohon mahoni.

Saturday, August 3, 2013

Yuk Belajar Presentasi

Beberapa minggu kemarin saya diajak temen saya buat ikut seminar gitu. Kebetulan saya lagi free dan lagi ada di Cirebon, jadi saya terima deh tawarannya buat ikut seminar. Awalnya saya gak tau itu seminar tentang apa dan siapa yang ngadain. Waktu saya tanya-tanya temen saya dia cuma bilang kalau materinya tentang presentasi, dan yang ngadain Akademi Berbagi (honestly, saya baru pertama kali denger tentang Akademi Berbagi Cirebon). Karena penasaran sama materinya, akhirnya saya dateng ke Hotel Bentani dan langsung ke hall roomnya.

Tuesday, July 23, 2013

Happy Travel Cirebon-Bandung

Sebagai mahasiswa asli Cirebon yang kuliah di Bandung, otomatis Cirebon-Bandung jadi rute yang paling sering saya lalui. Biasanya saya pakai bus supaya lebih murah, tapi kadang saya suka malas naik bus.
Kenapa bil? 
Soalnya kalau naik bus itu harus nunggu bus, dan gak diantar sampai tempat tujuan jadi harus naik ojeg lagi sampai kosan. Apalagi kalau saya lagi bawa barang banyak, ribet nantinya kalau naik bus.

Kalau lagi malas naik bus dan gak bisa diantar orangtua, pilihan satu-satunya yaitu dengan naik travel.

Monday, July 22, 2013

Resume Seminar Nasional Lingkungan Hidup : Pendidikan Berbasis Ecopedagogy



Pemateri          : Endin Hardianto, S.Pd

Keadaan lingkungan kita sekarang mengalami degradasi kualitas. Banyak terjadi kerusakan-kerusakan yang disebabkan oleh manusia, misalnya penggundulan hutan, pencemaran, pengalihfungsian lahan, dll. Hal ini menjadi titik tolak degradasi yang terjadi. Ulah tangan manusia tersebut mengakibatkan banyak bencana alam terjadi, pada musim hujan terjadi banjir dan longsor, dan pada musim kemarau terjadi kekeringan. Pada tahun 2011, kualitas lingkungan hidup di Indonesia masih dibawah 6 (dibawah standar). Jika kita membiarkan kondisi ini terus-menerus, maka lama-kelamaan bumi ini akan hancur oleh bencana alam.

Resume Seminar Nasional Lingkungan Hidup : Meningkatkan Kesadaran dan Penghargaan Kepada Alam Sekitar


Pemateri          : Ir. Rika Rachmantika, M.Pd

Tahukah kalian? Hari Bumi jatuh pada tanggal 22 April yang diprakarsai oleh Senator G. Nelson.

Pada tahun 2006, terdapat penelitian yang mengemukakan bahwa setiap detik, banyak sekali kerusakan-kerusakan yang terjadi pada bumi ini. 390.000 m³ CO2 diemisikan ke udara, 2.300 m² lahan produktif menghilang, 60 ton sampah dibuang, dll. Keadaan ini menjadi hal yang sangat miris karena sebenarnya tumbuhan mempunyai banyak fungsi untuk mencegah kerusakan tersebut. Hanya saja keberadaan tumbuhan pun akhir-akhir ini makin berkurang.

Resume Seminar Nasional Lingkungan Hidup : Lestarikan Bumi untuk Masa Depan yang Lebih Baik

April kemarin, kampus saya mengadakan seminar lingkungan hidup gitu bertepatan dengan hari bumi. Karena saya rasa materinya itu menarik dan bermanfaat, maka harus di share disini. 

Don't Judge A Book By It's Cover, Tapi...

Tapi penampilan juga bisa jadi salah satu indikator untuk menilai seseorang.

Sebenernya tulisan ini terinspirasi dari kejadian waktu itu di kosan. (oke, ini memang post yang ada di draft dan baru dilanjutkan nulisnya sekarang. gomen )

Teacher? Yes, I am.

Dulu, pekerjaan seorang guru emang dianggap biasa aja. Bahkan terkesan "diremehkan" karena penghasilan yang pas-pasan. Tapi sekarang ini Indonesia sepertinya sedang merubah presepsi orang jaman dahulu. Dengan adanya sertifikasi, otomatis penghasilan guru naik. Maka banyak orang-orang yang mau jadi guru dan tidak memandang sebelah mata pekerjaan itu lagi.

Saturday, May 18, 2013

Peniru Ulung Itu Bernama Anak

Halo semua, maaf banget udah lama gak nulis dan terkesan nyuekin tabula rasa. Alasan klasik lah ya kalau saya bilang sibuk. Memang seharusnya saya bisa nyempetin nulis. Cuma masalahnya adalah, disaat ada ide, gak ada waktu nulis. Sebaliknya, disaat ada waktu nulis, idenya hilang lagi 
Kali ini saya mau ngebahas masalah anak-anak lagi nih. Iya, si peniru ulung itu adalah anak.

Thursday, April 18, 2013

Alasan Ilmiah Kenapa Pohon Kelapa Banyak Tumbuh di Pinggir Pantai

Hell-o....!!! Teman-teman, kali ini saya mau share tentang hal-hal yang ilmiah nih 
Tau gak alasan kenapa pohon kelapa banyak tumbuh di pinggir pantai? Gak tau? Yuk lanjut baca..

Friday, April 12, 2013

Komik Sebagai Salah Satu Media Pembelajaran

Assalamualaikum..!
Maaf sekali ya teman-teman, kemarin itu sibuk sama UTS jadi jarang nulis lagi.
Sebenernya sih niat mah ada, tapi actionnya yang macet 

Malam ini saya mau share tentang komik IPA buat anak SD. Nah, penasaran? Yuk lanjut..

Sunday, March 10, 2013

Persaudaraan Cakwe dan Odading

Kebiasaan saya kalau lagi ngerjain tugas, lagi stress, lagi kesel, atau lagi gak ada kerjaan yaitu ngemil. Gak heran nih pipi jadi tambah gembul 

Banyak cemilan yang biasa saya makan, mulai dari snack kemasan sampe cemilan home made asli Indonesia. Salah satunya cakwe.

Tuesday, February 26, 2013

Tabula Rasa dan Konsepnya

Kadang semua hal harus mengalami perubahan untuk menjadi lebih baik. Nah! Termasuk juga nama blog saya .

Monday, February 25, 2013

Teknologi VS Psikologi Dalam Pendidikan

Era globalisasi memang membuat peradaban menjadi lebih terasa. Semua sektor mengalami perubahan, dari yang awalnya manual ke digital. Tak terkecuali sektor pendidikan. Hal ini dibuktikan dengan hadirnya beragam media pendidikan yang berbasis teknologi. E-learning, merupakan pembelajaran berbasis elektronik. Sepertinya hal ini sudah mulai merambat di negara kita. Pembicaraan tentang e-learning dan sejumlah kemajuan teknologi di bidang pendidikan memang sudah sering dibahas. Nah, sekarang saya akan membahas tentang pengaruh teknologi bagi peserta didik, terutama yang berkaitan dengan aspek psikologisnya.

Wednesday, February 20, 2013

Hidup Itu...

Minggu kemarin merupakan minggu pertama saya kuliah di semester 4. Jujur aja, baru minggu pertama tapi tugasnya udah numpuk  . Tapi bukan itu yang mau saya ceritain. Saya mau cerita tentang kata-kata dari dosen-dosen saya di minggu pertama perkuliahan ini.

Thursday, February 14, 2013

Nabil's Mini Giveaway

Hell-o!! 
Karena saya suka blogging dan berharap teman-teman di kampus saya juga jadi suka blogging, akhirnya saya buat group blogger di kampus. Nah untuk meramaikan group agar tidak terkesan "mati" saya mau ngadain giveaway nih 

Giveaway: supeRio's mom 1st giveaway contest

Dari dulu sering ikutan giveaway tapi gak pernah dapet  . Kali ini saya mau nyoba peruntungan saya dengan ikutan giveaway dari supeRio's mom nih.. Hadiahnya kece loh!! . Yaaa semoga aja kali ini beruntung. aamiin.. 

Saturday, February 9, 2013

Pemisahan Barang Belanjaan

Saya mau share tentang salah satu kebiasaan mamah saya kalau lagi belanja bulanan. Mamah saya itu selalu rewel buat misahin barang belanjaan sesuai dengan jenisnya.

Odong-odong, Salah Satu Sarana Pelestarian Lagu Anak

Tau kan apa itu odong-odong? Ituloh mainan anak-anak yang gerak maju mundur berupa mobil-mobilan, atau motor-motoran yang ada lagunya. Nih nih gambarnya.. 

Sunday, February 3, 2013

Muludan di Cirebon

Di daerah saya (Cirebon) Maulud Nabi biasanya diperingati dengan diadakannya Muludan. Buat orang Cirebon gak asing lah ya sama yang namanya muludan? Muludan itu semacam pasar malam di sekitaran keraton kasepuhan. Banyak banget pedagang, mulai dari dagang makanan khas Cirebon, dagang baju, mainan anak, sampe ada juga wahana permainan anak misalnya ombak banyu dan kuda-kudaan 

Engklek, Kenal?

Ada yang tau engklek itu apa? Atau mungkin tau permainannya aja tapi beda nama? Nih coba liat, masih kenal gak sama permainan yang kayak gini.

Dream, Believe, Achieve!

Dalam rangka ikut giveawaynya kak Icci Albarn di http://leciculalolita.blogspot.com/2013/01/2013-give-away-kamera-lomo-underwater.html saya mau nulis tentang resolusi nih.

2012 sudah terlewati, dan sekarang kita ada di 2013. Tentunya setiap individu ingin menjadi lebih baik lagi di tiap tahunnya, tiap bulannya, tiap minggunya, tiap harinya, dan bahkan tiap jamnya.

Wednesday, January 23, 2013

Karinding yang Bikin Merinding

Kemarin dengerin dik-bal siaran yang ngebahas tentang Karinding. Apa sih karinding? Nama makanan? Daerah? Atau apa? 

Awalnya saya juga gak tahu dan gak ngerti tentang karinding, tapi setelah nyimak siarannya dik-bal jadi tahu sedikit tentang karinding.

Saturday, January 5, 2013

Harap Tenang, Sedang Ada UAS Semester 3


UAS semester ini diadakan 7-10 Januari. Bismillahirrahmanirrahin.
Doakan ya :)
Wish me luck ^^

Friday, January 4, 2013

Kotak Charger HP

Waktu balik ke Bandung kemarin, saya sempet istirahat dan makan di salah satu restoran di daerah Sumedang. Terus saya menemukan sesuatu yang unik di restoran ini. Yaudah langsung foto aja hehe :D
Penasaran? Yuk lanjuuut~