Another Source

a

Pages

Sunday, March 10, 2013

Persaudaraan Cakwe dan Odading

Kebiasaan saya kalau lagi ngerjain tugas, lagi stress, lagi kesel, atau lagi gak ada kerjaan yaitu ngemil. Gak heran nih pipi jadi tambah gembul 

Banyak cemilan yang biasa saya makan, mulai dari snack kemasan sampe cemilan home made asli Indonesia. Salah satunya cakwe. Tapi, saya baru tau kalau ternyata cakwe itu punya saudara, namanya odading.
Awalnya saya kira cakwe itu ada dua macem. Yang rasanya asin/gurih dan yang rasanya manis. Sampe suatu hari terjadilah percakapan antara saya dan teman saya. 

Waktu itu saya bilang kalau saya lagi kepengen cakwe yang manis. Terus teman saya bilang, cakwe itu gak ada yang manis, semuanya asin. Yang manis itu namanya odading. Sebelumnya saya belum pernah denger kata odading. Ko namanya kayak dari planet mana gitu ya. Karena masih ragu dan kurang percaya sama teman saya, akhirnya minggu pagi saya sengaja ke pasar tumpah di daerah Bumi Harapan. Disana ada yang jualan cakwe gurih dan manis yang biasa saya beli.

Sampai disana ternyata emang bener, ada makanan yang namanya odading.


Jadi setelah saya tanya-tanya ke pedagangnya, cakwe sama odading itu bersaudara. Bahan dan cara buatnya hampir sama. Yang beda itu bentuk dan rasanya.

Kalau cakwe, bentuknya panjang dan rasanya asin/gurih.

cakwe

Nah kalau odading itu bentuknya kotak dan rasanya manis.

odading

Persaudaraan antara cakwe dan odading ini memang harus didokumenkan, supaya gak ada lagi orang kuper kayak saya yang bilang cakwe itu ada dua macam.  hahahah

6 comments:

  1. Cakue salah satu makanan dan jajanan favorite saya, biasanya sehabis pulang olahraga waktu sekolah suka beli cakue dulu jadi mengingatkan zamannya sekolah :)
    Niche blog

    ReplyDelete
  2. persaudaraannya ibarat bantal dengan guling.. haha
    mantap bil.. jadi pengen jajan nih :D
    sayangnya di purwokerto ngga ada yang jualan :(

    ReplyDelete
  3. Cakwe dengan odading itu apa yah mbak? bahannya dari apa, soalnya gak pernah liat yang kayak gambar di atas :)

    ReplyDelete
  4. makin tembem ni anak, hobynya jajan mul :D

    ReplyDelete
  5. irfan : iya, jadi inget masa sekolah ya. biasanya cakwe ini dijual di sekolahan :D

    teh titin : wah bener tuh. persaudaraannya ibarat bantal dan guling :D hahaha

    fadly : cakwe dan odading itu nama cemilan. bahannya tepung kayaknya. kalau cakwe rasanya asin, kalau odading rasanya manis. wah belum pernah liat ya? emang kamu dari daerah mana?

    kang ristu : hahaha iya nih aku tambah gembul -___-

    ReplyDelete
  6. di crb juga bnyk jeh..

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...