Another Source

a

Pages

Sunday, February 3, 2013

Engklek, Kenal?

Ada yang tau engklek itu apa? Atau mungkin tau permainannya aja tapi beda nama? Nih coba liat, masih kenal gak sama permainan yang kayak gini.

engklek

Udah pada inget belum? Wah yang gak tau atau gak pernah main kayak ginian masa kecilnya kurang bahagia deh hehehe 
Waktu kecil saya sering banget main engklek tiap sore. Dulu mah belum jaman tuh PS, ipad, atau game online kayak sekarang. Anak-anak jaman dulu lebih sering main di alam, dan memanfaatkan alam untuk bermain. hahaha 

Engklek itu permainan yang dimainkan dengan cara melempar batu (sebagai patahnya) dan kita harus loncat melewati kotak-kotak yang ada dengan menggunakan satu kaki dan tidak boleh melewati garis. Dulu saya biasa main di tanah kosong, jadi kotak engkleknya digambar pake kayu ditanah. Di foto yang saya ambil, kotak engkleknya dibuat di jalan aspal pakai kapur.  Maklum lah ya, sekarang lahan kosong sudah menipis.

Aturan permainannya simple, kalian lempar patah di kotak pertama, kalau masuk dan gak keluar kotak kalian bisa ngelanjutin dengan cara lompat pakai satu kaki ke setiap kotaknya. Lomat sampai ujung terus balik lagi ngambil patah kalian. Kalau berjalan mulus, bisa lanjut lempar patah ke kotak selanjutnya. Terus aja main sampe kalah, kalahnya itu kalau patah yang kalian lempar keluar kotak atau kalau kaki kailan keluar atau menginjak garis kotak. Selanjutnya giliran yang lain main dan kalian nunggu sampai giliran kalian lagi. Gituuu 



Kalau udah selesai lempar patah sampai gunung, kalian bisa lempar patah buat bikin rumah.
Loh ko ada rumahnya segala bil? Iya ada, rumah itu jadi punya kalian dan kalian bisa nginjek pakai dua kaki. Tapi cara buat dapetin rumahnya itu lempar patah membelakangi engklek dan dilempar ke belakang. Jadi misal keluar dari kotak, ya belum beruntung dapet rumah. Ada kesempatan tiga kali lempar, kalau yang ketiga kalinya gak dapet juga, yaa ganti dulu sama yang lain, kalian tunggu giliran lagi.

Main engklek tuh seru, bisa juga sebagai sarana olahraga. Soalnya banyak keringet yang keluar karena kita lompat-lompat pakai satu kaki hehehe 
Di daerah kalian, ada permainan semacam ini gak guys? Share di komen ya.. 

2 comments:

  1. aaaaaah yunda, aku jadi inget permainan masa kecil dulu haha kalo di daerahku, Ternate, namanya cenge-cenge hihi

    ReplyDelete
  2. hoo ada juga ya disana yang kayak gini :D
    hmm cenge-cenge. aturan permainannya sama yen?

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...