Another Source

a

Pages

Sunday, February 3, 2013

Muludan di Cirebon

Di daerah saya (Cirebon) Maulud Nabi biasanya diperingati dengan diadakannya Muludan. Buat orang Cirebon gak asing lah ya sama yang namanya muludan? Muludan itu semacam pasar malam di sekitaran keraton kasepuhan. Banyak banget pedagang, mulai dari dagang makanan khas Cirebon, dagang baju, mainan anak, sampe ada juga wahana permainan anak misalnya ombak banyu dan kuda-kudaan 
Dari dulu kakek nenek saya kecil, muludan ini emang udah ada. Gak tau juga gimana asal muasalnya, yang pasti muludan ini even besar saat Maulud Nabi. Pelaksanaan muludan ditutup dengan acara utama yaitu Panjang Jimat. Dalam acara ini benda-benda pusaka saat penyebaran agama Islam di Cirebon dikeluarkan dan shalawat Nabi Muhammad juga terus dilantunkan. Saya sendiri belum pernah ikut acara ini, jadi maaf ya kalau masih samar-samar jelasinnya .

Mau liat keadaan pasar malam di Muludan? Nih..

permainan bianglala khas pasar malam

arum manis gak pernah absen tiap tahunnya

tong setan, motor yang muter-muter di dinding
tahun ini ada kora-kora mini!

pedagang mainan anak
tahu petis! yummy..
Kalau di daerah kalian ada even apa aja?



Photos by : Adi Fathurokhman

2 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...