Another Source

a

Pages

Saturday, October 5, 2013

Pengalaman jadi "Panitia Merah"

*tarik napas panjang-panjang* Halooooo semuanya.... Maaf baru bisa ngepost di Tabula Rasa lagi (ini permintaan maaf udah basi banget). Soalnya emang niat, ide, sama waktunya gak kumpul bareng. Pas ada si ide dan si niat, eh si waktu malah gak ada. Pas ada waktu, si ide ngilang dan si niat malah kabur. Maaf ya

Karena udah banyak yang nanyain "bil, kapan nulis lagi?", alhasil akhirnya saya memberanikan diri juga untuk memaksa si ide, niat, dan waktu buat ngumpul bareng. Yaaa walaupun setengah dari tulisan ini sempet semedi di draft tulisan untuk beberapa hari, tapi akhirnya saya bisa ngelanjutin juga hari ini!!

Kebetulan di komunitas blogger kampus saya ada tema bulanan yang "harusnya" dipost di blog. Tema bulan kemarin tentang maba dan kepanitiaan. Sekali lagi saya harus bilang MAAF karena gak buat tulisan. Alasannya klasik sih, sibuk, dan 3 sekawan itu (ide, niat, waktu) gak ngumpul.
Jadi sekarang saya mau nulis untuk bayar hutang tulisan di bulan kemarin.

Saya pengen sedikit cerita tentang kepanitiaan saya di MOKAKU 2012. Sebenernya saya gak ada rencana buat ikut jadi panitia, tapi nasib berkata lain. Saya direkomendasikan oleh seseorang. Awalnya waktu ditanya mau di divisi mana, saya langsung bilang "keamanan". Memang dari dulu saya selalu terkesan dengan posisi keamanan.

Flash back ke jaman SMA, di SMA saya ada organisasi DK (Dewan Keamanan) yang tugasnya jaga di gerbang setiap pagi. Mereka ngeliatin pakaian kita dari atas sampe bawah. Kalau ada yang salah, langsung skot jump. Apalagi kalau ada ospek gitu, pokoknya DK itu yang paling "nyeremin". Kelihatan berwibawa dan disiplin banget. FYI, waktu SMA saya itu pengen banget jadi DK. Tapi gak jadi karena PPDK yang bentrok sama lomba debate. Waktu diminta jadi dewan kehormatan di DK juga saya gak disetujuin salah satu kakak kelas saya yang minta saya fokus di ESS (ekstrakulikuler bahasa inggris di SMA saya). Alhasil saya masih penasaran gimana rasanya jadi keamanan.

Oke balik lagi ke MOKAKU, akhirnya saya milih posisi keamanan. Walaupun saya ga pernah ikut rapat selama bulan puasa (karena udah pulang ke Cirebon), anggota divisi ini maklumin ko . Saya dapet tugas buat bikin contoh penjelasan sepatu yang benar dan salah buat peserta, jadi bisa kerja dari rumah.
Oh ya, kita juga sempet pesen baju batik yang sama biar tambah kompak hehe

batik kembar :D (Didik, Isma, saya, Linda, Teh Nurul, Yandi)



Divisi Keamanan ini ada 6 orang . Kordinator divisinya Yandi. Beruntung saya satu divisi dengan mereka. Orang-orangnya gak ribet, santai tapi tetap disiplin . Ini pertama kalinya saya ikut kepanitiaan di kampus. Awalnya saya takut kalau nanti gak bisa kerja maksimal karena belum terlalu akrab sama panitia lain. Tapi ternyata dengan ikut kepanitiaan ini saya jadi makin punya banyak teman, entah itu teman seangkatan ataupun kakak tingkat.

Pas hari H, saya udah stand by di kampus jam 5an. Habis sholat subuh saya langsung ke kampus. Karena belum sarapan, akhirnya saya suap-suapan nasi  kuning sama Linda. So sweet kan ya?

Banyak yang takut sama keamanan. Mereka bilang kita itu galak, jutek, dan sebagainya. Padahal sih kita gak kayak gitu. Kita cuma berusaha tegas dan disiplin. Ya gimana gak mau marah, pelanggarannya aja banyak banget. Bayangin, hari pertama kita dapet barang sitaan sebanyak 4 poly bag besar. Banyak yang masih bawa HP, jaket, dan barang yang gak disuruh sebelumnya.

Selain kita periksa baju peserta MOKA, tugas kita juga ngejaga peserta pas ada pemateri. Maksudnya ngawasin peserta kalau ada yang ngobrol, ngantuk, dll. Kita punya amunisi sendiri yaitu pangkat yang kita kalungin ke peserta yang ngelanggar.

tuh liat, ada maba yang dapet pangkat Mrs. Lelet


siap-siap periksa baju peserta. tatapannya wow..

Setiap hari juga kita ada evaluasi buat peserta. Itulah saatnya kita menguraikan pelanggaran-pelanggaran mereka dan memberi mereka "wejangan" untuk tidak melanggar lagi.

masuk aula, semua mata tertuju pada kita :p



saat evaluasi

Saya sebut keamanan sebagai panitia merah karena merah itu berani, dan untuk menjadi keamanan itu memang harus berani.
Di SMA saya dulu juga para anggota DK (Dewan Keamanan) pakai name tag warna merah, dan di blazernya pun ada warna merahnya.

Semenjak jadi keamanan di MOKA 2012, saya direkrut presiden BEM buat ikut masuk BEM. Saya meng-iya-kan dan akhirnya jadi salah satu keluarga BEM 2012. Setelah masuk BEM pun akhirnya saya bukan jadi mahasiswa yang kuliah-pulang lagi. Saya mulai sering ikut kepanitiaan di beberapa acara. Bahkan di LDKM pun saya mengisi divisi keamanan lagi.

Walaupun jadi panitia itu capeknya minta ampun, tapi banyak banget manfaat yang saya dapat. Salah satunya jadi punya banyak teman.

Terakhir, ini ada foto yang diambil waktu saya lagi jaga. Si kameramen manggil saya dan langsung moto tanpa saya tau. Inilah hasil muka dingin, muka capek, dan muka kusam seharian. Hehe

kucelnyaaaaa....
 Salam, Panitia Merah.

8 comments:

  1. Keamanan yak.
    Emang bisanya kesannya gitu, berwibawa, kaku, dan tegas,
    dan emang harus dikondisikan kayak gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener. dikondisikan seperti itu biar pesertanya disiplin.

      Delete
  2. dan saya salah satu Maba yg dapet predikat Mrs. Lelet itu,, hihi..
    tp aku gk bawa barang macem2 kok dikampus teh, jd gk ada brang2 aku yg masuk dalam kantong polybag itu :o
    Makasih buat sharenya teh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ooh salah satu maba yg kena mrs. lelet tooooh :p
      oh ya? syukurlah. itu poly bag udah banyak banget kan ya barang sitaan ._.

      Delete
  3. keren :D
    perlu dibahas nih jadi panitianya juga :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi panitian apanya lagi a yang dibahas? hehe

      Delete
  4. hadeuhh ...
    teteh evaluator baik banget ya, udah bikin hati maba cetaarr menegangkan . hhe

    btw. . teteh follow juga blog punya Ai ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. loh ko evaluator? saya keamanan, dek :) hehe

      okee. blognya Ai "rame" iklan banget ya hehe :p

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...