Another Source

a

Pages

Thursday, April 18, 2013

Alasan Ilmiah Kenapa Pohon Kelapa Banyak Tumbuh di Pinggir Pantai

Hell-o....!!! Teman-teman, kali ini saya mau share tentang hal-hal yang ilmiah nih 
Tau gak alasan kenapa pohon kelapa banyak tumbuh di pinggir pantai? Gak tau? Yuk lanjut baca..



Di pantai yang ada pohon kelapanya, kadang ada beberapa buah kelapa yang jatuh. Anggap saja buah yang jatuh itu gak diambil sama orang. Alhasil ketika ada ombak yang datang ke pantai, buah kelapanya ikut terbawa ombak ke laut.


Nah, kira-kira buah kelapanya tenggelam apa mengapung ya di laut? Gini nih, buah kelapa itu akan mengapung.
Kenapa bil?
Soalnya buah kelapa itu punya rongga di dalamnya. Kalau buah kelapa yang jatuh lama gak dibuka, maka air yang ada didalamnya akan habis. Soalnya air itu adalah cadangan makanan bagi si buah kelapa. Jadi kalau air kelapanya habis, maka akan ada ruang kosong didalam buah kelapa.
Rongga kosong itu akan membuat buah kelapa mengapung, kan ada udara didalamnya. Selain karena udara kosong, buah kelapa juga akan mengapung karena massa jenisnya lebih kecil daripada massa jenis air.
Buah kelapa yang mengapung itu akan terus dibawa oleh ombak.


Buah kelapa yang mengapung akan terus dibawa oleh ombak sampai menepi ke sebuah pulau yang "mungkin" beluma ada pohon kelapanya. Lalu buah kelapa itu lama-lama akan memunculkan tunas. Disitulah pohon kelapa baru mulai tumbuh. 


Gitu deh cerita si buah kelapa.. Semoga bermanfaat 

ilustrasi : Rindy

11 comments:

  1. *** manggut-manggut baca postingannya. begitu rupanya... :)

    ReplyDelete
  2. ayo kenapa klo nyari uang koin yang ilang pas waktu pengen ujan?

    ReplyDelete
  3. wah...
    seru juga baca postingannya
    di awal awal langsung bisa membius dan bikin penasaran...

    dan memang jawabannya ilmiah dan masuk akal...
    jadi penasaran, kira kira pohon kelapa pertama itu adanya di pulau mana yah/?

    salam

    ReplyDelete
  4. kang ristu : aiiih~ ko cuma krik krik krik? -__-"

    gita : hahhaa hihaay :p

    ridwan : iya begitu. saya juga baru tau dari dosen saya hehe

    arman : nah itu! kira-kira dimana ya? hehe

    dewi : iya dew. beliau itu sangat menginspirasi :)

    ReplyDelete
  5. Makasih pengetahuannya:)

    http://www.kemalwicaksono.com/

    ReplyDelete
  6. Helo ka , mau ijin artikel nya boleh ga ? ._.
    Pasti aku cantumin sumbernya ko , boleh ga?

    ReplyDelete
  7. boleh, tapi jangan lupa cantumkan sumbernya ya :)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...