Another Source

a

Pages

Wednesday, January 23, 2013

Karinding yang Bikin Merinding

Kemarin dengerin dik-bal siaran yang ngebahas tentang Karinding. Apa sih karinding? Nama makanan? Daerah? Atau apa? 

Awalnya saya juga gak tahu dan gak ngerti tentang karinding, tapi setelah nyimak siarannya dik-bal jadi tahu sedikit tentang karinding.
Karinding itu merupakan salah satu alat musik tradisional Sunda pada zaman dahulu. Alat musik ini biasanya dibuat dari pelepah kawung dan bambu. Umumnya  mempunyai panjang sekitar 10 cm dan lebar 2 cm.
Ini dia penampakannya si karinding.. 

sumber : google

karinding yang dijual di pasar tumpah Bumi Harapan


Dulu karinding ini biasa dipakai untuk mengusir hama di sawah, dan katanya bisa dipakai untuk memelet perempuan. 

Nah ko bisa sih alat kayak gini menghasilkan suara? Ternyata nenek moyang orang Sunda (karuhun) ini emang kreatif banget. Suara dihasilkan dari getaran karinding yang dipukul atau disentir oleh tangan.
Cara pakainya gini nih dari  (batujajar) :
dengan menempelkan ruas tengah karinding di depan mulut yang agak terbuka, lalu memukul atau menyentir ujung ruas paling kanan karindingdengan satu jari hingga “jarum” karinding pun bergetar secara intens. Dari getar atau vibra “jarum” itulah dihasilkan suara yang nanti diresonansi oleh mulut. Suara yang dikeluarkan akan tergantung dari rongga mulut, nafas, dan lidah.

Kata dik-bal juga, karinding ini gak punya tangga nada yang tetap, jadi nada yang dihasilkan tergantung bagaimana si pemainnya. Keren ya! 

Kemarin sempet juga denger lagu-lagu karinding yang diputer dik-bal. Hasilnya, merinding....!!! 

Kenapa merinding, bil?
Ada dua alasan, yang pertama karena emang musik dari karinding ini KEREN banget! Waktu denger lagunya peterpan dimainkan pakai karinding, suer itu keren banget! Dan ke-keren-an itulah yang bikin merinding  .
Alasan kedua, waktu denger lagu lain yang notabenenya lagu Sunda gitu saya juga ngerasa merinding karena tiba-tiba musiknya jadi rada serem  . Soalnya ada penyanyi Sundanya juga dan seakan-akan kayak semacam lagu Lengser Wengi 

Tapi so far, karinding ini emang unik banget! Salah satu budaya Sunda yang harus dijaga dan dilestarikan. 

6 comments:

  1. di tempat lain juga, ada alat musik yang sejenis ini loh,
    nanti nonton ya 3 Februari di GOR rancaekek, ada penampilan (musik, tari, teater)
    ditunggu !!!

    ReplyDelete
  2. kang ristu : oh gitu. emang apa namanya kalau ditempat lain?

    teh titin : hahaha ya kalau ada yang jemput mah bolehlah aku ikut nonton wkwk :p

    ReplyDelete
  3. tapi sayangnya aku juga kagak bisa nonton, soalnya kang hakim menunggu :(

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...