Another Source

a

Pages

Saturday, February 9, 2013

Odong-odong, Salah Satu Sarana Pelestarian Lagu Anak

Tau kan apa itu odong-odong? Ituloh mainan anak-anak yang gerak maju mundur berupa mobil-mobilan, atau motor-motoran yang ada lagunya. Nih nih gambarnya.. 



Terus bil, ada apaan nih ngomongin odong-odong?
Beberapa hari kemarin saya liat anak-anak yang main odong-odong, dan saya sadar akan satu hal yang anti mainstream. Menurut saya, odong-odong itu bisa juga loh jadi sarana pelestarian lagu anak  .

Loh ko bisa bil?
Bisa dong, kan setiap odong-odong yang lagi dimainin, bakal diputer juga tuh lagu anak keras-keras. Lagu ini juga jadi salah satu taktik tukang odong-odong biar anak-anak tertarik. Anak-anak jadi bisa main sambil dengerin lagu-lagu yang diputer. Lagu yang biasa diputer ini ber-genre anak-anak, misalnya Naik-naik ke Puncak Gunung, Lihat Kebunku, Soleram, Balonku, Bang Bing Bung dll.

Mengingat jaman sekarang lagu anak sudah hampir musnah ditelan lagu-lagu dewasa, odong-odong ini bisa jadi sarana untuk mengenalkan lagu anak. Miris kan, kebanyakan anak sekarang taunya lagu cinta-cintaannya orang dewasa. Bahkan anak SD kelas 1 hafalnya lagu NOAH. . Beda banget sama jaman kita kecil yang masih dimanjakan dengan lagu anak. 

Jaman sekarang lagu anak biasanya hanya dikenalkan di TK atau SD saja, lagunya pun tidak terlalu beragam. Nah ternyata tukang odong-odong ini punya banyak kaset lagu anak yang bervariasi. Biasanya anak yang main odong-odong itu berumur sekitar 3-6 tahun. Buat para balita, mereka bisa mengenal lagu anak sebelum diajarkan di TK. Buat yang sudah masuk TK, si anak bisa tau lebih banyak lagu selain lagu yang diajarkan guru TK mereka.

Dengan bermain odong-odong, anak-anak bisa asik main sekaligus mendengarkan lagu yang sepantasnya mereka dengarkan. Ada manfaat lain juga dari odong-odong. Karena kebanyakan anak males makan dan maunya main, para ibu-ibu bisa menuruti kemauan anaknya main odong-odong sambil menyuapi mereka. 

Jadi buat para ibu-ibu, sesekali biarkan anak main odong-odong. Karena selain membuat anak senang, mereka juga jadi punya banyak pengetahuan tentang lagu anak. 

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...