Another Source

a

Pages

Friday, November 22, 2013

Day 7 : Andai Saya Jadi Detektif

Akhirnya, sampai juga di hari ke 7 dimana topiknya itu interaktif dan dipilih oleh pembaca. Setelah sempat bingung karena hasil vote sama untuk pilihan detektif dan astronot, untungnya malam ini saya lihat hasil votenya berubah sedikit. Yaa.. walaupun perbedaannya tipis hehe.


Oke, langsung aja..
Dari dulu saya emang udah suka sama dunia detektif, jangan salah... dari SD saya udah suka sama Detektif Conan loh. Gak heran dunia detektif itu udah jadi "impian" saya dari dulu. Menurut saya detektif itu pekerjaan yang keren. Selain harus pintar dan teliti, mereka juga harus bisa menganalisis kasus dan memahami gerak-gerik seseorang.

Andai saya jadi detektif, mungkin saya akan seperti Shinichi Kudo atau Sherlock Holmes.
Mereka itu idola saya. Otomatis saya pun akan mencoba seperti idola saya. Enggak, enggak, saya gak akan pake topi khas Sherlok Holmes atau minum aptx kayak Shinichi ko. Saya cuma bakal mencoba buat se-keren mereka. 
Sherlock Holmes
Shinichi Kudo
Oh ya, dulu waktu SMA saya juga pernah punya grup detektif. Kerjaannya mecahin kode dan kasus yang dikasih sama admin grup di fb. Kalau gak salah dulu nama grupnya di fbnya itu.... (tet tot lupa).

Nah di grup fb itu dibuat grup-grup detektif, anggotanya 4 orang. Nama grup detektif saya Sherlockiana. Penjelasan lebih lanjut bisa dilihat disini.
Di grup fb itu, saya bener-bener harus jadi detektif. Setiap minggu bakal ada case atau code yang dikasih, dan setiap grup harus berlomba buat mecahin biar dapet poin terbanyak. Kalau gak salah sih, dulu Sherlockiana pernah sampe urutan ke 2 hehehe.

Aktivitas detektif saya berhenti semenjak kelas 3 SMA. Yakali kan harus konsen sama UN. Terlebih lagi grup fbnya juga seakan menghilang, dan teman se-grup saya juga pada sibuk dengan urusannya masing-masing. Akhirnya, Sherlockiana hiatus sampai sekarang.

Andai saya jadi detektif, nama detektif/nama keren saya yaitu Athena. Ini nama yang dibuat waktu dulu di Sherlockiana. Kita ber-empat punya nama panggilan masing-masing yang namanya berasal dari dewa dewi Yunani. Saya dipanggil Athena atau Athen. Athena itu kalau gak salah dewi kebijaksanaan, perang, seni, dan kerajinan. Kebetulan di grup Sherlockiana, saya adalah satu-satunya perempuan. Partner saya yang lain laki-laki. Mereka biasa dipanggil Hermes, Hades, dan Ares.

Kadang suka kangen banget sama masa-masa itu. Feel saat kita berusaha keras mecahin case yang berupa tulisan dan bukan langsung nyata itu wah banget loh. Kita harus bisa mengira-ngira dan membayangkan setting TKP, dll. Atau kita juga sering dikejar deadline case yang harus dipecahkan, kalau lebih dari deadline kelompok kita bakal gugur. Ya... nice memory .

Andai saya jadi detektif, mungkin saya bisa mecahin kasus yang ada di kosan saya sekarang. Hmmm... kebetulan kosan saya terkenal banget sama kasus pencurian. Maaf, no offense ya.
Udah lebih dari dua kali kasus pencurian laptop terjadi di kosan saya. Dan fyi, kasus terakhir terjadi kemarin pagi. Motor kakak kelas saya hilang, dan dia baru sadar pas mau berangkat kuliah.
Sebenernya tadi pagi pun pas saya keluar gerbang kosan, agak ngerasa aneh dan gak enak perasaannya. Eh ternyata... ada motor yang dicuri. Tuh kan, feeling saya emang udah cocok buat jadi detektif heheh . Ini bukan pertama kalinya feeling saya ngerasa gak enak, di kasus pencurian sebelumnya pun saya sampe jatuh terpeleset dulu pas ngeliat orang yang ternyata pencuri (saya ternyata saksi).
Cerita lain tentang pencurian di kosan saya bisa dibaca disini dan disini.
Kalau saya adalah seorang detektif, mungkin saya punya hak buat menyelidiki kasus itu secara menyeluruh. Bisa dengan leluasa meneliti keadaan TKP, bertanya pada saksi mata atau melihat bukti sidik jari. Ya... karena saya buka detektif secara "sah", saya gak bisa deh mengambil tindak lanjut di kasus kosan saya.

Sungguh, detektif itu pekerjaan keren! Kita bisa tau hal yang orang lain anggap kita gak tau. Tapi sayang, di Indonesia kayaknya detektif itu gak terlalu disorot. Kita lebih sering pakai polisi di kasus penyelidikan. Saya pun belum pernah denger nama detektif terkenal di Indonesia. Ada yang tau?



Sumber gambar :

11 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. wah kak nabil diam-diam punya bakat jadi 'detektif'.
    knp ga jd deejtif beneran? kan seru tuh postingan blognya tentang kasus yg ditangani sama kaka hahahaha :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe pengennya sih gitu dek, cuma belum ahli banget kayak shinichi sih :p terus juga kepolisian di Indonesia kayaknya jarang yang kerjasama detektif..

      Delete
  3. Athena itu bukannya ibukota Yunani ya Mbak? :)
    Salam kenal ya Mbak, kunjungan perdana, hihi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, selain ibukota Yunani, athen aitu nama salah satu dewa Yunani.
      Salam kenal juga Riki :)

      Delete
  4. Mungkin karena disini belum ada sekolah khusus detektif :D..

    ReplyDelete
  5. keren dan imajinatif! di Indonesia diganti sama Polisi bagian penyidik hehehe

    kalo ada waktu mampir juga di blog saya ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya.. jadi setiap kasus pasti sama polisi, bukan detektif hehe.
      Oke siap :)

      Delete
  6. grupnya sekarang di mana? pngen juga dari detektif. saya juga suka sinichi kudo ama sherleck holmes,hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. groupnya sekarang udah gak ada, ditutup karena adminnya ada sesuatu.

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...