Another Source

a

Pages

Sunday, December 23, 2012

Hypnoteaching For Success Learning


Semester ini saya dapet tugas akhir di mata kuliah Inovasi Pendidikan berupa laporan buku. Inget kan buku yang saya beli di Palasari itu? LOL.
Nah ini saya mau berbagi ilmu tentang hypnoteaching berdasarkan buku yang saya baca itu. Kalau mau lebih lengkapnya silahkan baca laporan buku saya di http://www.scribd.com/doc/117762174/LAPORAN-BUKU-Hypnoteaching
Kalau yang males baca panjang-panjang tapi penasaran tentang hypnoteaching, yuk lanjut baca :D
Apa sih hypnoteaching? Kayak yang kalian udah tau, hypno itu kan artinya hipnosis dan teaching itu mengajar. Nah intinya hypnoteaching itu pembelajaran yang menggunakan hipnosis. Oh ya, banyak orang yang keliru pake kata "hipnotis" , tapi saya baru tau kalau yang bener itu adalah hipnosis. Intinya kalau hipnosis itu adalah kata kerjanya, sedangkan hipnotis itu adalah orang yang menghipnosisnya.

Kita bahas hipnosis secara umum dulu ya.
Sering liat di tv kan acara-acara hipnosis gitu? Dalam hipnosis, awalnya sang hipnotis menurunkan gelombang otak si suyet (orang yang dihipnosis), yang tadinya beta atau alpha diturunin jadi theta. Theta itu gelombang otak dimana seseorang akan merasa nyaman, tenang, dan menggunakan pikiran bawah sadar. Si pikiran bawah sadar ini kerjanya selalu menuruti setiap sugesti yang diberikan, entah itu positif atau negatif. Makannya kita suka liat kan orang yang lagi di hipnosis dan disuruh macem-macem tapi mau aja? Itu karena mereka lagi pakai pikiran bawah sadar. Setelah gelombang otak diturunkan, baru deh sang hipnotis memberikan sugesti-sugesti ke suyet. Ada cara khusus saat si hipnotis memberikan sugesti ke suyet, diantaranya suara harus pelan tapi meyakinkan, kalimat sugesti yang diulang-ulang, dan lain-lain..

Oke lanjut lagi ke pembahasan hypnoteaching.

Terus gimana cara kerja hypnoteaching? Masa muridnya dibuat tidur?
Engga juga sih. Kalau muridnya pada tidur semua, gimana caranya si guru ngajar dong? Disini, guru harus pakai inti dari hipnosis yaitu sugesti dan motivasi.
Awalnya, guru memang bisa mempraktekkan hipnosis pada siswa dengan membuat siswa rileks, menidurkannya dan memberi sugesti positif. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan mental blok. Apa lagi tuh mental blok?
Mental blok itu semacam kesalahan mental seseorang. Misalnya, siswa yang dari kecil punya presepsi kalau matematika itu susah, akan terus menganggap matematika itu susah sampai besar. Nah itu yang dinamakan mental blok. Mental blok ini bisa jadi penghambat potensi diri loh.
Balik lagi ke cara hypnoteaching, setelah ditidurkan dan diberi sugesti positif dari guru, diharapkan mental blok ini akan hilang dan siswa mulai percaya diri dan semangat dalam belajar. Untuk mempraktekkan ini, otomatis gurunya harus punya keahlian juga dibidang hipnosis kan? Kalau belum bisa, coba terapkan hypnoteaching dalam proses pembelajarannya.

Saat pembelajaran berlangsung, guru harus berpenampilan baik (bersih, rapih, serasi) agar siswa lebih yakin pada guru. Guru juga harus memberikan motivasi dan sugesti positif saat pembelajaran (tanpa harus menidurkan terlebih dahulu). Sebaiknya guru bisa menjadi teladan bagi para muridnya baik dalam hal perkataan maupun perbuatan. Intinya, hypnoteaching itu pembelajaran yang secara tidak langsung menggunakan hipnosis. Nah kalau mau tau lebih lengkap dan lebih jelas tentang cara hypnoteaching, bisa mampir ke http://www.scribd.com/doc/117762174/LAPORAN-BUKU-Hypnoteaching .

Ciao!

7 comments:

  1. sukses buguru...
    mau diajarin donk hipnosisnya

    ReplyDelete
  2. blogwalking :)

    baru denger yang kayak gitu

    http://orangeofcake.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. keren keren, dan itu hakikat pmblajaran t.sani skripsinya, :D

    ReplyDelete
  4. mau dong di presentasiin tentang hypoteaching :D

    ReplyDelete
  5. erwin : kalau hipnosis harus belajar sama yang ahlinya tuh win. aku juga pengennya mah bisa belajar lebih lanjut :D

    kak Mochammad I H : hmm iya ini kan salah satu inovasi di bindang pendidikan :)
    btw thanks for visit..

    kang ristu : hoo teh sani juga masukin hypnoteaching ya.

    meza : boleh-boleh. enaknya mah ada seminar langsung sama ahlinya ya :D

    ReplyDelete
  6. dan judul untuk tugas akhirnya : Pengaruh Pembelajaran Tematik dengan Hypnosis learning pada Pemahaman Konsep Matematika Siswa SD Kelas II

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...