Another Source

a

Pages

Saturday, December 15, 2012

Jadwal Minum Air Putih Dari Bangun Tidur Sampai Tidur Lagi


Tidak bisa disangkal lagi bahwa air merupakan salah satu kebutuhan utama bagi manusia setelah oksigen. Terlebih 80% tubuh kita terdiri atas air. Minum, mencuci pakaian, mandi, masak, wudlu, dan lain-lain kita lakukan menggunakan air. Apa kalian pernah hidup tanpa air? Sepertinya agak mustahil, terutama untuk minum. Biasanya kita minum air putih setiap hari atau menggunakan air putih untuk membuat minuman tertentu, misalnya susu, teh, kopi, dll.

Kalau saya pribadi, sepertinya tidak ada momen yang terlewat tanpa air putih. Air putih itu sangat penting untuk tubuh, mulai dari mencegah terjadinya dehidrasi sampai untuk kecantikan.

Pernah suatu hari saya bangun telat, untungnya hari itu kuliah sedang libur. Kira-kira saya bangun pukul 08.00 WIB karena malamnya saya habis begadang sehingga bangun kesiangan. Saya langsung mandi dan merapihkan kamar saya. Setelah itu saya langsung mencuci baju dan menjemurnya. Lalu dilanjut dengan mengepel lantai kamar. Kesalahan saya pada waktu itu adalah saya tidak makan atau minum terlebih dahulu sebelum beraktivitas. Saya malas untuk minum atau membeli makanan ke luar kamar (saat itu saya berada di kosan). Sontak saja setelah melakukan pekerjaan berat tanpa adanya asupan air dan makanan yang masuk, badan saya langsung ambruk dan lemas.  Hal pertama yang saya lakukan adalah meminum segelas air putih (karena yang tersedia di kamar saya hanya air putih). Tadinya saya lupa dengan pesan mamah saya yang dengan jelas saya tempel di mading kamar saya. Orang tua saya selalu mengingatkan untuk minum air putih yang banyak. Kenapa? Alasannya banyak, dan semua alasan mengarah pada hal yang positif. Mamah saya bilang kalau saya harus minum minimal 8 gelas perhari, dan sepertinya kalian juga sudah hafal tentang ini kan? Jumlah gelas itu minimalnya, tapi untuk menyeimbangkan kebutuhan air dengan aktivitas sehari-hari, sebaiknya kita minum lebih dari 9 gelas.

Ini pesan yang dibuat mamah saya :
Minum
2 gelas setelah bangun tidur
1 gelas sebelum makan
1 gelas sebelum mandi
1 gelas sebelum tidur
        
Nah, benar kan! Setiap aktivitas mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi butuh asupan air yang cukup. Bahkan pesan mamah saya, sebelum mandi pun sebaiknya minum air putih. Apalagi aktivitas seperti kuliah, makannya saya selalu minum air mineral di kampus. Seimbangkan aktivitas kalian dengan air putih yang cukup. Karena hidup kita dilewati dengan berbagai aktivitas, maka kita juga harus melengkapi aktivitas tersebut dengan asupan air yang cukup. Live the moments, guys!
            

2 comments:

  1. Tapi kebanyakan minum kadang bikin kita jadi bolak balik ke WC melulu...menyebalkan, terutama kalo lagi travelling...

    ReplyDelete
  2. iya juga sih kak. asal minumnya seimbang aja. jangan kebanyakan, jangan terlalu sedikit juga :D

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...