Another Source

a

Pages

Saturday, December 15, 2012

Refreshing? Jangan ke Palasari!





Sebenernya hal ini udah lama mau saya tulis, cuma baru ada kesempatan sekarang. Oke langsung aja. Udah pada tau kan apa itu palasari? Tempat apa sih? Nah! Palasari itu samacam pasar di Bandung, terkenal karena di pasar ini banyak banget yang jualan buku, dan harga bukunya pun bisa nego. Gak salah lagi, palasari jadi tujuan banyak anak sekolahan, mahasiswa, bapak-bapak ibu-ibu juga. 
Hal menarik yang mau saya share itu adalah pengalaman pertama saya ke Palasari. Miris banget kan, udah setahun lebih ngekos di Bandung tapi baru pertama ke Palasari sekitar bulan Oktober kemarin. Awalnya karena ada tugas laporan buku dari salah satu dosen, dan saya bingung mau nyari buku dimana, eh taunya ada orang yang mau nyari buku juga dan dia ngajakin ke Palasari.

Singkat cerita perjalanan dimulai, to be honest, hari itu juga pengalaman saya pertama jalan-jalan di Bandung pakai motor. Biasanya kan naik angkot, kalau sama keluarga kan naik mobil. Jadi ya excited banget dijalan, nyelip-nyelip diantara mobil itu sangat bersensasi. Sebenernya kita berdua sama-sama belum pernah ke Palasari, jadi kita jalan cuma ngikutin sms petunjuk aja. Sempet takut nyasar juga, tapi ya let it flow aja. Tadaaa! Akhirnya nyampe di Palasari. Perasaan saya waktu nyampe sana itu, Oh ini toh Palasari. Hey! Gue di Palasari bro! Otomatis seneng dong, bisa ke surganya buku di Bandung.

Di Palasari itu emang banyak banget toko buku, atau lebih cocok dibilang warung buku. Kenapa warung buku? Soalnya kan pasar gitu, dan kiosnya itu ya kios warung, bukan toko. Disana itu yang ngelayanin ya penjualnya, bukan kita yang bebas milih buku. Jadi misal kalian ke salah satu warung, terus ada orang yang nyamperin dan bilang "nyari buku apa teh?" gitu.

Alhasil karena saya belum punya list buku yang mau dicari, saya cuma bilang "buku tentang inovasi pendidikan", dan penjualnya pun jadi bingung nyari bukunya. Saya muter dari satu warung ke warung lain nanyain buku tentang inovasi pendidikan. Tapi ternyata gak ada yang cocok, jadinya malah pusing dan mual ngeliat banyak banget buku disana. Soalnya disana emang banyak banget buku! banyak banget!! 
Ibaratnya sejauh mata memandang, buku semua!
Terus juga jadi ribet karena kalian gak bisa milih bukunya sendiri, di setiap toko pasti ditanya "mau nyari buku apa teh?". Bayangin deh kalau kalian muter ke 50 warung buku, berarti kalian juga harus bilang 50 kali "mau nyari buku blablabla". See!

Di sebrang pasar, ada toko buku namanya BBC (Bandung Book Center). Nah kalau ini emang toko buku, semacam gramedia gitu. Disini kita bisa milih buku sendiri tanpa ditanya "mau nyari buku apa teh?". heuh mual ya dengernya! 

Akhirnya saya masuk ke BBC dan mulai nyari buku sesuka hati, sesuka mata, dan sesuka tangan juga. Selesai baca-baca, dasarnya aja anak kosan maunya yang murmer (murah meriah) ya. Saya cuma nyatet judul buku dan pengarangnya terus saya balik lagi ke pasar.

Di pasar saya jadi punya tujuan mau nyari buku apa. Setelah muter dan tanya-tanya list buku yang saya catet, ternyata harganya sama aja kayak yang di BBC. Jadi aja saya balik lagi ke BBC dan beli buku disana, bukunya juga udah free disampul. Gitu kan ya kebiasaannya cewek, sekali liat barang yang dia suka tapi masih agak ragu, terus coba muter, eh akhirnya balik lagi ke barang yang pertama.

Karena seharian itu di Palasari dan ngeliat BUKU terus, saya jadi mual, pusing, dan mabok buku!!!
Jadi buat kalian yang mau main ke Palasari, jangan jadikan Palasari sebagai tempat refreshing ya, soalnya bukan malah fresh tapi malah jadi mabok buku! Hahahah. 

No offense :)

2 comments:

  1. Hooo...orang Bandung juga ya? Kalo mau refreshing, jalan2 ke Ciwalk, ke Lembang, bukan Palasari tentunya, hehehe...

    Duh, rindu banget sama Bandung nih >_<

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah ada kak keven, makasih ya kak udah mampir :)

      hm sebenernya bukan orang bandung juga sih kak, cuma ngekos di bandung.
      iya kalau mau refreshing mending ke lembang aja seger udaranya :D

      kapan pulang ke ind kak?

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...