Another Source

a

Pages

Wednesday, July 18, 2012

Kosan Sehat Sulit Didapat

Akhirnya jadi juga nih postingan ini. Setelah sekian lama menunggu kesempatan buat posting (niat udah ada dari dulu, yang susah itu aplikasinya). Sip! Kali ini saya mau cerita tentang kosan. Mungkin buat para maba, sekarang lagi muter-muter nyari kosan. Pindah dari satu kosan ke kosan lain buat liat kamarnya, fasilitasnya, dan gak lupa harganya. Atau mungkin ada juga yang udah dapat kosan tapi kurang sreg, atau justru udah dapat kosan yang sesuai banget sama kriteria kosan kamu.



Buat saya (entah kalian setuju atau gak), kosan sehat itu susah banget ngedapetinnya. Jarang banget saya nemuin kosan sehat (sehat menurut saya). Banyak juragan kosan yang lebih mementingkan banyaknya kamar daripada sehatnya kamar. Mereka lebih milih ngebangun kamar yang banyak tapi sempit dan jarang cahaya masuk daripada ngebangun taman yang indah dan banyak tanaman. Jarang juga sih kosan yang perfect, pasti ada salah satu aspek yang kurang.


Ada beberapa kriteria kosan sehat menurut saya.

1. Bersih
Pastinya! Kebersihan itu pangkal kesehatan, kan? Di kosan yang bersih juga bikin kita nyaman tinggal disana. Salah satu dosen saya selalu menggarisbawahi kebersihan. Katanya kalau lingkungan yang bersih itu bisa ngebuat semangat belajar dan bikin jadi pribadi sehat, and vice versa. Bersih itu gak cuma terasnya aja, tapi juga kamarnya, wcnya, dapurnya, dll. Gak nyaman juga kan kalau harus menetap di tempat yang kotor untuk waktu yang lama? Sebisa mungkin cari kosan yang bersih deh, dijamin bakal betah J

2. Gak hiyeum
Apa ya bahasa Indonesianya hiyeum? Hmm.. angker mungkin. Cari suasana kosan yang gak nyeremin, bisa kan kalian rasain mana kosan yang nyeremin dan enggak? Emang sih makhluk lain itu pasti ada dimanapun kalian berada, tapi jangan pilih kosan yang angker juga kali ya. Misalnya banyak pohon rindang, sepi, kalau malam gelap, dan kamar kamu ada di pojok! wah wah.. dijamin kalau malam gak bakal tidur nyenyak deh. Cari kosan yang rame (tapi jangan terlalu rame, nanti malah jadi berisik), yang gak nyeremin deh pokoknya hehe

3. Fentilasi terjamin
Ini hal yang harus selalu diperhatikan. Sepele sih, tapi dampaknya bakal besar. Cari kosan yang ada fentilasinya, yang ada jendelanya, dan gak pengap. Ini penting buat pertukaran udara, gak mau kan kamar kamu jadi sumpek? Nanti malah jadi gak nyaman dan gak betah dikosan.



4. Cahaya cukup
Please, cari kosan yang cahayanya cukup. Cukup buat kamu dan kamar kamu, biar kamar kamu gak gelap dan malah jadi lembab. By the way cahaya juga secara tidak langsung bisa ngebangunin kamu kalau pagi hehe :p (ini pengalaman).



5. Air bersih
Ini penting! Penting banget! Air itu ibaratnya sumber kehidupan. Mau mandi, masak, wudlu, nyuci baju, dll pasti perlu air. Sebaiknya kosan kamu nanti airnya bersih, gak butek apalagi kuning, bebas dari partikel apapun.


Ternyata kosan sehat itu sebenarnya sederhana. Cukup memenuhi standar kesehatan. Tapi, kosan sehat itu akan tetap sehat kalau kalian penghuninya juga selalu menjaga kebersihan. Misalnya nyapu kamar setiap hari, ngepel dan ngebersihin debu setiap seminggu sekali, atau kalau ada piket ya harus dikerjakan. Kerjasama deh sama penghuni kamar yang lain buat tetap menjaga kebersihan di kosan kalian. InsyaAllah kalau kosannya bersih, kalian akan tetap sehat J

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...