Another Source

a

Pages

Thursday, June 28, 2012

Yang Bikin Orang Tertarik Baca Blog Kamu

Ada sebuah tweet yang pernah saya baca dan saya pikir hal itu memang benar.

Faktanya, walaupun yang mention sedikit ternyata yang menyimak itu banyak...


Setuju gak?
Mungkin emang gak banyak yang komen di blog kita, tapi ternyata yang baca itu lumayan loh.
Ada beberapa tipe pembaca.

1. Pembaca setia.
Mereka mungkin follow blog kita dan di dashboard mereka ada perkembangan tulisan blog kita. Jadi setiap ada post yang baru, mereka tau dan langsung baca.

2. Pembaca kesasar.
Bisa aja mereka search sesuatu di google dan masukin salah satu keyword, nah ternyata kesasar di blog kita hehe. Biasanya pembaca yang kaya gini kalau hal yang dicarinya gak ada langsung close tab blog kita.

3. Pembaca kepo.
Bisa aja kamu punya penggemar rahasia atau siapa gitu yang mau tau banget tentang kamu. Mereka tau kalau kamu punya blog, terus jadi ngepoin kamu lewat blog. Hati-hati sama pembaca tipe ini, satu kalimat kamu yang secara tidak langsung nyinggung dia bisa jadi bumerang buat kamu (walaupun sebenarnya gak ngomongin dia).


Kalian mau kan blognya banyak yang baca? Blognya terkenal? Kaya blognya bang benakribo www.benablog.com misalnya.
Mau juga kan jadi blogger keren yang tulisannya keren walaupun tampangnya gak keren? *eh
Waktu itu saya pernah reblog tulisannya bang dika tentang hal ini http://nabilaptx.blogspot.com/2012/05/reblog-tulisan-bang-dika.html

Nah kalau saya punya pendapat sendiri nih.
Menurut saya, orang bakal tertarik baca blog kamu kalau...
1. Tulisan kamu.
Ini hal penting banget. Kalau tulisan kamu emang keren, pasti banyak yang baca. Yaa tulisan keren itu bukan cuma curhat tentang hari-hari kamu, dijamin deh bakal langsung di close tab tuh blognya. Tulisan keren itu macem-macem sih, bisa tentang sesuatu yang banyak orang belum tau, eitts tapi bukan berarti kalau kamu harus nulis semua rahasia kamu loh :p.
Oh ya, tulisan kamu juga harus dipertimbangkan lagi panjangnya. Jaman sekarang banyak orang yang males baca tulisan yang panjang kalau gak terpaksa atau kepo :p Tulis post yang singkat tapi padat, jadi yang baca juga gak perlu capek baca tulisan panjang tapi gak ada apa-apanya.
Di tulisan juga bakal dinilai gaya bahasa. Kayaknya banyak orang yang tertarik sama gaya bahasa yang lucu. Yaa bukan tentang cerita lucu juga, tapi mereka bisa nyelipin jokes ditulisannya.


2. Tampilan blog.
Risih juga kan kalau baca blog tapi tampilannya ribet? Huruf yang warna-warni atau template yang macem-macem bikin mata pusing :p hihi. Atau mungkin kalian pernah buka blog terus ada animasi gitu yang ngeganggu mata :p
Sebaiknya kamu pilih template yang sederhana tapi elegan, tetap bagus tapi simple. Eh tapi ini sih selera ya, kalau kamu sukanya yang ceria, bisa pilih juga template yang ceria, tapi tetap enak dipandang dan gak berlebihan.

3. Foto.
Menurut pengamatan saya, orang-orang bakal lebih tertarik sama post yang ada fotonya. Pernah dengar kan kalimat ini :
Satu gambar bisa mewakili seribu kata, tapi seribu kata belum tentu bisa menjelaskan satu gambar.
Jadi selipin juga foto atau gambar yang bisa ngedukung tulisan kamu :)


Udah sih segitu aja menurut saya. Tapi tapi, saya juga masih belajar jadi blogger ko. Tulisan-tulisan saya juga masih belum keren. Yaa kita sama-sama belajar ya :)

2 comments:

  1. Boleh nambahin?

    Kalo menurut saya (dari pengalaman googling cari info), blog yang saya langsung close tab biasanya:
    1. Isinya terlalu pendek (2-3 paragraf). Kerasa gak ada 'isi'nya. Menurut saya, sebuah blog post idealnya punya 500-800 kata, CMIIW.

    2. Copas blog post orang lain, verbatim. Begitu googling pasti langsung keliatan dan orang bosen bacanya karena udah baca di tempat lain. Okay, I love football, but frankly speaking, stadionnusantara.blogspot.com is an example of a blog whose posts are frequently copied in other blogs, without referring to that blog. Jadinya hasil google searchnya pun jelek.

    3. Kebanyakan iklan. Cukup jelas?

    4. Terlalu technical. Tulislah sebuah blog post dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh orang awam, jangan mentang-mentang jago matematik terus bikin blog yang isinya njelimet, orang pasti lari! :D

    5. Isinya cuma mengulang yang sudah-sudah. Berhubung kita orang Indonesia, sebisa mungkin bahas hal-hal yang 'belum terjamah' oleh blogger Indonesia lain. Nanti orang yang googling akan nyampe ke blog kita dengan sendirinya. Kalau tulisan kita bagus (ikutin tips di blog post di atas), mereka akan puas dengan tulisan kita dan mungkin akan datang lagi.

    6. Panjang keseluruhan tulisan sudah dibahas di atas, namun panjang tiap paragraf juga perlu diperhatikan. Kalau suatu paragraf terlalu panjang (diatas 150 kata [atau 175?]), orang bakal bosen baca.

    Kalau ada yang mau koreksi atau protes sama comment ini, silakan balas dengan comment lagi :)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...